BONEKA

Sejak kecil saya nggak terlalu suka boneka. Kalau pergi ke toko mainan, nggak pernah merengek minta boneka. Kalaupun ada beberapa, itu pemberian. Cuma ada satu yang masih bersisa sampai sekarang, boneka kelinci bernama Dodong (dari mana ya nama itu? Hahaha), pemberian Tante Dian teman si Papap waktu saya baru masuk TK. Saya lebih suka boneka kertas bongkar pasang, itu pun sebetulnya lebih suka membangun rumahnya.

Eh, pas punya anak, ternyata banyak yang ngasih boneka binatang. Dan ternyata, Yaya suka boneka, hahaha …. Mungkin karena dia sejak bayi suka binatang. Tidur pun sering ditemani boneka-bonekanya.

image

itu si bekson dan si dodong

Saya sih nggak keberatan Yaya main boneka, sama seperti kalau dia main masak-masakan. Daripada main tembak-tembakan. Anak umur tiga tahun kayanya masih terlalu kecil untuk permainan kekerasan macam begitu.

Biasanya Yaya membuat boneka-bonekanya berdialog. Saya sering nguping, lucuuu! Kadang-kadang suka nggak tahan pengen ketawa. Untungnya, bukannya malu ngerasa diketawain, Yaya malah senang. Makin heboh deh sandiwara bonekanya.

Contoh dialognya begini: “Barney, kamu sudah makan belum?” “Belum, Mbek. Kamu mau makan apa? Makan es krim yuk!” atau “Endin, kok kamu tidur terus? Bangun dong!”

Soal nama boneka juga menggelikan. Ada beberapa yang memang sudah bernama seperti Dodong, Barney, Teddy, atau Ipin (boneka Ipin tanpa Upin yang Yaya telanjangin supaya “bujuynya” keliatan). Ada yang dia karang sendiri, salah satunya si ENDIN, boneka beruang. Padahal si Bapak namanya DINDIN, hahahaaa ….

Selain menghibur dirinya sendiri (dan kami), main boneka terbukti melatih Yaya berbahasa (contohnya sandiwara boneka itu) dan berimajinasi. Juga melatih untuk berempati dan menyayangi orang (dan makhluk) lain.

Kapan-kapan kita nguping sandiwara boneka Yaya, yuuuk!

2 thoughts on “BONEKA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s